Sunday, June 19, 2011

Kalimat `Ampuh` saat Diwawancara

ANDA diharuskan menjual diri dalam wawancara kerja. Anda wajib menunjukkan sikap yang baik dan profesional sehingga membuat perusahaan mempertimbangkan untuk mempekerjakan Anda.

Nah, ada beberapa kalimat emas nan ampuh agar Anda dapat mencuri perhatian perusahaan tersebut.

"Saya tahu kegiatan dan informasi seputar perusahaan ini"
Di mana pun surat lamaran ditujukan, kemungkinan Anda bekerja di tempat tersebut. Ada baiknya Anda tahu seluk beluk perusahaan itu. Termasuk berbagai informasi tentang produk, visi, dan misi perusahaan. Pengetahuan itu menguntungkan bagi Anda dan perusahaan yang bersangkutan.

"Saya fleksibel"
Peraturan bisa berubah, struktur organisasi dan job desk bisa berubah setiap saat, apalagi di masa semua harus serba bergerak cepat. Sehingga Anda tidak bisa membuat diri Anda nyaman dalam satu posisi dan tanggung jawab yang sama dalam waktu yang lama.

Jika Anda bisa menangani berbagai hal dengan cepat dan mampu beradaptasi dengan tugas baru dengan waktu yang singkat, ini akan membuat Anda tampil sebagai kandidat yang profesional dan bisa bekerja dalam keadaan sulit sekalipun.

"Saya optimis dan berkelakuan baik"
Selain kepintaran dan berbagai kemampuan akademis, perusahaan juga akan menilai seberapa optimis Anda setelah bergabung dengan mereka. Tidak ada perusahaan yang senang memiliki pegawai yang pesimis dan berkelakuan buruk. Maka penting bagi Anda untuk memberikan informasi tersebut pada para pewawancara.

Lakukan bahasa tubuh dan tutur kata yang baik sebagai penunjang bahwa Anda memang bersikap optimis dan berkelakuan baik, tidak hanya di bibir saja.

"Saya siap dengan pengalaman dan pelajaran baru"
Sebagai seorang pegawai, Anda tentu harus selalu mengembangkan kemampuan dalam bidang pekerjaan dan berbagai pengembangan diri lainnya. Biasanya perusahaan akan mengadakan acara pengembangan kemampuan/training pada pegawai mereka, sehingga mereka perlu orang-orang yang selalu haus pengetahuan dan tidak pernah berhenti belajar. Dengan adanya semangat dari Anda, mereka akan melihat Anda sebagai kandidat kuat.

"Saya bisa bekerja dengan tim"
Saat Anda telah bekerja, maka dapat dipastikan Anda tidak akan bekerja seorang diri. Karena Anda akan terhubung dengan banyak orang dan berbagai bagian yang terkait dengan posisi Anda.

Apabila Anda adalah sosok yang dapat bekerja sama dengan orang lain, maka ini akan menjadi nilai tambah bagi Anda, hampir semua perusahaan dalam kurun waktu ini percaya akan the power of teamwork. Pegawai yang dapat bekerja sama dengan pegawai lain akan membuat aktivitas perusahaan semakin baik.

"Saya memiliki motivasi yang tinggi"
Pegawai yang memiliki motivasi tinggi akan dinilai juga memiliki tingkat produktivitas yang tinggi. Perusahaan apapun tentu pernah berada dalam masa-masa sulit dan tidak menguntungkan, sehingga semangat dari para pegawai akan berperan penting. Karena itu,

Anda harus mempromosikan diri dengan cara meyakinkan para pewawancara bahwa Anda adalah orang dengan motivasi tinggi. Dengan begitu, kemungkinan Anda untuk diterima akan lebih besar.

Sudah siapkah Anda menghadapi wawancara perusahaan baru?(kpl/RRN)

sumber :
http://www.metrotvnews.com/read/news/2011/06/19/55215/Kalimat-Ampuh-saat-Diwawancara/

No comments:

Post a Comment